#Tentang Sekolah
SMK Negeri 2 Palu berdiri pada tahun 1976 di diatas Lahan seluas 11.935 m2 di lokasi strategis dengan luas bangunan 4.299 m2, luas lahan kosong 7.637 m2, memiliki tenaga pendidik sebanyak 96 orang dengan komposisi PNS 81 orang, P3K 5 Orang dan Non PNS 9 orang, serta tenaga kependidikan sebanyak 18 orang dengan komposisi PNS 6 orang dan non PNS 12 orang. SMK Negeri 2 Palu juga memiliki koneksi internet dengan jaringan fiber optic berkapasitas 540 Mbps dan memiliki daya listrik S2/53.000 VA. Fasilitas pembelajaran yang dimiliki saat ini terdiri dari 51 ruang kelas teori, 9 ruang laboratorium komputer dengan peralatan 100 % sesuai standar industri, 10 fasilitas umum seperti kantor, perpustakaan, lapangan olah raga, kantin, gedung serbaguna, ruang bimbingan konseling, mesjid, dan lain-lain.
SMK Negeri 2 Palu saat ini memiliki Teaching Factory, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1), memiliki 9 (Sembilan) laboratorium, tiga bidang keahlian yakni bidang keahlian bisnis dan manajemen, bidang keahlian teknologi informatika, bidang keahlian seni dan industri kreatif dengan 51 (lima puluh satu) rombongan belajar dan memiliki jumlah siswa 1.659 orang, 86 institusi pasangan yang sudah dituangkan dalam akad kerjasama, 95% institusi pasangan sesuai dengan kebijakan revitalisasi SMK. Kondisi sarana dan prasarana khususnya peralatan 85% sudah sesuai dengan standar industri. Guru kejuruan sudah terpenuhi sesuai dengan daftar kebutuhan guru, 26 guru kejuruan sudah bersertifikat asesor dan 95% sudah memiliki sertifikat kompetensi keahlian sesuai bidangnya Dari aspek kelembagaan sudah memiliki LSP-P1 dan Bursa Kerja Khusus (BKK) dan Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS).
Visi, Misi dan Tujuan SMK Negeri 2 Palu
Visi
Mewujudkan Lulusan Yang Berprofil Pelajar Pancasila
Misi
- Menerapkan pembelajaran 5.0 yang berbasis teaching factory dengan mengimplementasikan nilai agama, budaya, serta lingkungan.
- Mengembangkan kemampuan siswa sesuai bakat dan keterampilan agar mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan kompetitif.
- Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang sejalan era revolusi industri 5.0.
- Memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran literasi.
- Keselarasan budaya kerja antara sekolah dan IDUKA
- Menjalin komunikasi secara harmonis diantara pemangku kepentingan untuk kemajuan sekolah.
Tujuan
- Menjadikan lembaga pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dan berdaya saing.
- Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap wirausaha.
- Menyiapkan siswa memilih karier, mampu berkompetensi dan mengembangkan diri.
- Memberi kecerdasan dan karakter yang kuat dalam membangun pribadi yang unggul.
- Memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan professional yang memadai untuk berani bersaing global