SMK Negeri 2 Palu

Beranda

Profil

Berita

Kontak

Meningkatkan Peluang Kerja ke Siswa Kelas XII Melalui Sosialisasi Kepala Sekolah

Dalam rangka menjembatani siswa kelas XII yang merupakan calon alumni tahun 2024 dengan dunia kerja menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan kurikulum di SMK. Sosialisasi kepala sekolah Bapak Loddy Surentu, S.Pd. MM. dan tim bursa kerja khusus yang diketuai oleh Fajrin Indriani Rais, S.ST. menjadi langkah strategis untuk memperluas wawasan siswa mengenai peluang karir, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pada kesempatan ini, Jumat 2 Februari 2024 Pukul 07.30 sehabis melakukan senam bersama, Kepala Sekolah dan Tim BKK melakukan Sosialisasi singkat di Lapangan Sekolah  dalam mengarahkan siswa menuju karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi mereka. Melalui kegiatan sosialisasi, kepala sekolah memberikan informasi mengenai tren pasar kerja dan peluang saat ini adalah Magang di luar negeri yaitu di Jepang sesuai hasil Sosialisasi bersama Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI  Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset, dan teknologi melalui live youtubenya pada hari kamis, 25 Januari 2024.

Kepala sekolah menyampaikan bahwa “SMK menciptakan lulusan yang siap kerja dan siap pakai dan diharapkan untuk semua lulusan dapat bekerja atau berwirausaha, sehingga peluang Magang ke Jepang ini bisa menjadi modal awal untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan melanjutkan ekonomi keluarga dengan membuka usaha dari modal yang diperoleh”. Ketua BKK juga menyampaikan bahwa, “Peluang kerja saat ini juga bukan hanya di Jepang, tapi ada juga permintaan di Kabupaten Morowali terkait tenaga kerja lulusan SMK yang dapat menjadi peluang besar untuk calon lulusan atau kelas XII saat ini, tangkap peluang dan diskusikan bersama orang tua”.

Dilanjutkan dengan tanya jawab dari beberapa siswa terkait dokumen pendaftaran, gaji, biaya hidup, serta pilihan mana yang terbaik bagi mereka setelah lulus. Diskusi dan tanya jawab tersebut berjalan santai tapi bermakna, karena usai sosialisasi kepala sekolah langsung membuka pendaftaran bagi siswa yang berminat. Sehingga terdapat 35 siswa saat itu bersedia mengikuti program magang ke luar negeri.

Harapannya melalui kolaborasi antara kepala sekolah dan tim bursa kerja khusus, diharapkan siswa dapat memiliki pemahaman yang mendalam tentang peluang kerja dalam dan luar negeri. Langkah-langkah ini tidak hanya membantu siswa memilih karir yang sesuai dengan minat mereka, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing di tingkat global. Dengan demikian, pendidikan tidak hanya menjadi tempat memperoleh pengetahuan, tetapi juga menjadi jembatan menuju masa depan yang sukses di dunia kerja.

Bagikan

Facebook
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *